RESEP NASI KEBULI ENAK DAN GAMPANG - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP NASI KEBULI ENAK DAN GAMPANG

RESEP NASI KEBULI ENAK DAN GAMPANG : Resep nasi kebuli sebenarnya tidak sulit untuk diaplikasikan. Nasi kebuli sendiri adalah salah satu jenis hidangan nasi yang dibumbui sehingga menghasilkan citarasa gurih dan lezat. Hidangan ini memiliki keterkaitan dengan nasi Biryani yang berasal dari Timur Tengah. Ini tidak mengherankan karena nasi kebuli memang merupakan masakan yang banyak dipengaruhi oleh unsur Timur Tengah. Nasi kebuli sangat populer di wilayah dengan penduduk keturunan Timur Tengah yang banyak seperti di Jakarta, terutama di kalangan masyarakat etnis Betawi.
Terdapat beberapa varian nasi kebuli tergantung daging dan kaldu yang digunakan. Jenis masakan ini memang dibuat dengan memasak beras ke dalam berbagai jenis kaldu, seperti kaldu ayam, kaldu kambing, dan kaldu sapi. Salah satu jenis nasi kebuli yang terkenal adalah nasi kebuli ayam. Bahan nasi kebuli ayam sangat sederhana. Cara membuatnya pun sebenarnya bisa dibilang adalah yang paling mudah. Sebab, daging ayam memang lebih mudah diolah tanpa perlu perhatian ekstra seperti daging kambing dan sapi. Ayam tidak menimbulkan bau amis menyengat dan dagingnya pun tidak alot sehingga cocok dicoba oleh semua orang termasuk Anda yang masih tidak begitu pandai memasak.
Bahan Resep Nasi Kebuli Enak dan Gampang
Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Nasi Kebuli yang enak, tepatnya bahan nasi kebuli ayam:
  1. 1 liter beras (pilih beras yang kualitasnya bagus)
  2. 1 ½ ayam yang sudah dipotong
  3. 3 butir kapulaga
  4. 2 batang serai, memarkan
  5. 1 ¾ liter kaldu ayam
  6. 3 butir cengkeh
  7. 1 ½ sendok teh pala halus
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Bawang goreng secukupnya
  10. 3 sendok makan mentega
Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan bahan-bahan berikut ini:
  1. 1 sendok teh merica bulat
  2. 1 sendok teh jinten
  3. 10 siung bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 2 sendok makan ketumbar
  6. 1 cm jahe, memarkan
  7. 1 sendok makan garam atau sesuai selera
  8. Minyak goreng secukupnya
Pastikan semua bahan yang Anda siapkan di atas kualitasnya bagus. Kualitas rendah pada salah satu bahan saja bisa menyebabkan rasa nasi kebuli tidak sesuai harapan Anda.
Cara Membuat Nasi Kebuli Enak dan Gampang
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Meskipun tidak ada alat dan bahan spesifik yang sulit dicari, persiapkan semua bahan di atas dengan baik sebelum memasak. Ini agar acara memasak Anda lebih terorganisir sehingga selain rasanya berpeluang lebih enak, Anda pun tak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mencari bahan yang belum disiapkan.
  2. Tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga aroma harumnya tercium.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong. Aduk hingga merata dengan bumbu. Tunggu sampai daging ayam matang dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  4. Siapkan kaldu ayam untuk dimasak. Masukkan daging ayam yang telah dimasak ke dalam kaldu. Selanjutnya, masukkan pula semua bahan yang belum digunakan, termasuk beras.
  5. Masak hingga kaldu mengering. Ini menandakan bahwa kaldu telah meresap dengan baik ke dalam beras dan bahan-bahan lainnya seperti ayam.
  6. Kukus beras hingga matang dengan microwave atau rice cooker.
  7. Nasi kebuli enak siap Anda nikmati bersama orang tercinta.
Demikian cara membuat nasi kebuli yang enak. Sangat sederhana bukan? Meskipun terlihat sebagai masakan yang membutuhkan keahlian ekstra, namun Anda yang orang awam pun dapat membuat masakan ini dengan mengikuti petunjuk yang tepat. Hasilnya mungkin tak selezat hasil masakan koki yang sudah pro. Namun, tak ada salahnya mencoba dan menyajikan hidangan lezat ini di rumah untuk keluarga dan orang-orang tercinta lainnya. Apalagi, bahan-bahan nasi kebuli sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Teknik memasak yang diperlukan pun tidak rumit. Untuk hasil yang lezat dan usaha yang sederhana seperti ini, Anda malah akan rugi bila tak mencobanya. Nah, masih banyak lagi resep menarik yang sederhana seperti ini. Ikuti saja terus berbagai resep menarik selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel