RESEP IKAN KAKAP GORENG TEPUNG RENYAH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP IKAN KAKAP GORENG TEPUNG RENYAH

RESEP IKAN KAKAP GORENG TEPUNG RENYAH : Ikan kakap adalah salah satu jenis ikan yang paling mudah ditemukan di Indonesia baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Ikan kakap banyak diburu masyarakat Indonesia baik oleh pemilik usaha restoran ataupun warung makan maupun oleh para ibu rumah tangga. Rasa ikan kakap yang enak dan gurih menjadi salah satu alasan mengapa ikan kakap banyak diminati. Selain itu, harganya yang tidak terlalu mahal sehingga pas di kantong masyarakat menengah ke bawah membuat ikan kakap cocok dimasak dan disajikan sebagai menu favorit keluarga. Ada banyak cara memasak ikan kakap seperti ikan kakap goreng, bakar ataupun asam manis. Anda bisa memilih jenis masakan yang tepat sesuai dengan selera keluarga.
Salah satu kelebihan ikan kakap adalah dagingnya yang lembut, empuk dan juga gurih sehingga ikan kakap bisa dimasak dengan cara yang lebih variatif dari yang lainnya yaitu salah satunya dengan cara menggorengnya dengan tepung. Daging ikan yang lembut sangat cocok digoreng dengan tepung menghasilkan rasa ikan yang renyah diluar namun lembut didalam. Resep ikan kakap goreng tepung pun tidak sulit. Anda bisa membuatnya untuk menu makan siang maupun menu bekal anak. Membuat ikan kakap goreng tepung pun cukup mudah dan tidak ribet. Anda bisa melakukannya setiap hari jika Anda mau. Dengan menggoreng ikan dengan tepung maka Anda bisa membuat menu yang lebih bervarisi untuk keluarga Anda.
Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Fillet ikan kakap sebanyak 250 gram kemudian dipotong-potong.
  2. Merica bubuk secukupnya.
  3. Garam secukupnya.
  4. Air jeruk lemon sebanyak 1 sendok makan.
  5. Minyak goreng secukupnya
Bahan tepung pembalut ikan:
  1. Tepung terigu sebanyak 100 gram
  2. Tepung beras satu sendok makan
  3. Susu cair sebanyak 100 cc
  4. Garam dan merica secukupnya kurang lebih seperempat sendok teh
  5. Baking powder sebanyak seperempat sendok teh
Cara membuat ikan kakap goreng tepung:
  1. Buang bau amis dari ikan kakap dengan melumurinya dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Cara ini juga bisa menambah cita rasa ikan kakap. Diamkan selama beberapa saat kurang lebih 5 menit kemudian cuci ikan kakap.
  2. Setelah ikan kakap dicuci bersih, lumuri ikan dengan campuran merica dan garam. Diamkan kembali selama beberapa saat kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.
  3. Siapkan bahan pencelup dengan cara mencampur semua bahan yang ada menjadi satu dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Celupkan ikan ke dalam adonan pencelum tersebut sebelum digoreng. Sebaiknya panaskan minyak terlebih dahulu kemudian celupkan ikan dan langsung masukkan ke dalam wajan. Akan lebih baik jika ikan dicelupkan tepat sebelumi ikan digoreng agar hasilnya bagus. Minyak untuk menggoreng juga harus banyak agar ikan tercelup dan hasil gorengan pun renyah.Gunakan teknik menggoreng deepfrying untuk hasil yang memuaskan.
  5. Goreng ikan sampai berwarna kuning keemasan dan angkat kemudian tiriskan.
Resep ikan kakap goreng tepung ini pun terbilang cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencampur ikan dengan bumbu kemudian dicelupkan ke dalam adonan pencelup. Selain itu, ikan kakap goreng tepung ini akan lebih cocok jika disajikan bersama french fries atau kentang goreng sebagai menu makan siang atau makan malam yang sempurna. Cara membuat kentang gorengpun sangat mudah. Anda bisa menggunakan kentang beku dan langsung digoreng agar lebih mudah dan simpel atau menggunakan kentang yang dipotong memanjang kemudian dicelupkan air garam sebelum digoreng. Sajian kentang goreng akan sangat cocok menemani ikan kakap krispi. Lengkapi juga ikan kakap dengan sayuran seperti mentimun, tomat dan selada yang dicuci bersih kemudian dipotong tanpa dimasak.Biarkan sayuran tetap fresh dan mentah sebagai lalapan. Untuk memberikan rasa yang lebih sempurna, sediakan juga saos pelengkap ikan dengan menggunakan mayonaise yang dicampur dengan seledri, merica, garam, gula pasir, cuka masak, serta saus sambal secukupnya. Anda juga bisa menggunakan hanya saus sambal atau hanya mayonaise saja jika Anda tidak ingin membuat saus yang terlalu ribet. Namun bahan-bahan tersebut bisa membuat saus pelengkap lebih kaya akan rasa dan tentunya ikan kakap goreng tepung pun akan lebih nikmat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel