RESEP BAKSO IKAN MUDAH DAN CEPAT - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP BAKSO IKAN MUDAH DAN CEPAT

RESEP BAKSO IKAN MUDAH DAN CEPAT : Cara membuat bakso ikan yang sehat untuk anak. Bakso ikan adalah salah satu inovasi dari bakso yang populer dan digemari, khususnya di kalangan anak-anak. Kerap kali pedagang bakso ikan berjualan di sekolah-sekolah. Bagi para ibu, hal ini tentu bukan hal yang terlalu bagus. Jajanan anak tersebut belum tentu sehat. Kadang-kadang, dari warna bakso tersebut saja sudah sangat meragukan kebersihan penggunaan bahan maupun cara pembuatannya. Belum lagi, jika bakso ikan tersebut diberi kuah dan saos sambal.
Bagi Anda yang memiliki anak atau ingin menikmati bakso ikan bisa mencoba resep bakso ikan sendiri di rumah. Anda bisa menjadikan bakso ikan ini sebagai bahan makanan untuk bekal anak ke sekolah. Menjadikannya campuran dalam nasi atau mie goreng, campuran dalam tumis sayur, bakso bakar, atau bakso goreng. Sajian bakso ikan ini pun cocok untuk Anda hidangkan ketika musim dingin sebagai hidangan berkuah yang menghangatkan tubuh. Serta, sebagai salah satu menu dalam acara kumpul keluarga. Membuat bakso ikan tidak akan memakan waktu yang lama dengan bahan yang mudah dicari serta cara yang mudah untuk Anda praktekkan.
Bahan Utama Membuat Bakso Ikan
  1. Daging ikan tenggiri, 300 sampai 400 gram. Namun, Anda juga bisa menggunakan ikan kuning. Anda bisa membeli langsung daging yang telah digiling.
  2. 1 butir telur, ambil bagian putihnya.
  3. Garam, 1 sendok teh atau sesuaikan dengan selera Anda.
  4. Merica bubuk, 1 sendok teh atau sesuaikan dengan selera Anda.
  5. Air es, 3 sampai 4 sendok teh.
  6. Kaldu bubuk, 1 sendok teh.
  7. Tepung maizena, 2 sendok makan.
  8. Sediakan juga air es untuk membasahi tangan dan merendam bakso ikan setelah jadi. Siapkan dalam dua mangkuk yang berbeda.
Cara Cepat dan Mudah Membuat Bakso Ikan
  1. Untuk Anda yang membeli daging ikan tenggiri atau ikan kuning tanpa digiling, maka Anda harus menggilingnya sendiri. Pertama-tama, daging harus dibersihkan dengan memisahkan bagian daging dan kulitnya. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan sendok untuk mengeruk daging dari bagian kulitnya. Bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah membersihkan ikan, sebaiknya gunakan ikan tenggiri untuk mempermudah pemisahan tersebut. Daging ikan tenggiri pun lebih tebal dengan sedikit tulang. Sedangkan ikan kuning memiliki banyak duri. Kelebihan ikan kuning ada pada rasanya yang lebih manis dan daging ini akan membuat tekstur bakso ikan jadi lebih lembut.
  2. Penggilingan daging ikan bisa dilakukan dengan food processor maupun mencincangnya dengan pisau. Pastikan daging ikan hancur dan serta membentuk gumpalan yang padat dan halus. Proses ini bisa Anda lakukan kembali jika ada daging yang menempel pada dinding food processor. Penggilingan kembali untuk mencampur tersebut sebaiknya tidak lebih dari 30 detik.
  3. Masukkan ke dalam adonan daging, putih telur dan air es. Campurkan adonan hingga tercampur sempurna. Anda bisa menggunakan tangan maupun food processor tersebut. tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk. Kemudian campur kembali adonan hingga bumbu tercampur seluruhnya. Anda juga bisa menyicipinya untuk memastikan rasa yang Anda inginkan.
  4. Pastikan adonan telah lembut dan terasa kenyal. Kemudian, Anda siapkan talenan. Tuangkan adonan yang telah jadi tersebut dari dalam food processor pada talenan dan taburi dengan tepung maizena. Gunakan tangan untuk mencampurnya hingga rata.
  5. Jika Anda mencampur adonan sebelumnya menggunakan cara manual dengan mencincang dan mencampur menggunakan tangan. Maka penambahan tepung maizena bisa langsung dilakukan bersamaan dengan bahan lain setelah mencincang daging tersebut. Lakukan pencampuran langsung semua bahan dengan daging cincang di talenan tersebut.
  6. Basahi tangan Anda dengan air es yang sebelumnya telah dipersiapkan. Kemudian, ambil adonan yang telah jadi tersebut dan banting ke talenan hingga beberapa kali. Lakukan hal ini hingga adonan memiliki tekstur yang lebih halus dari sebelumnya.
  7. Jika sudah bisa Anda pastikan adonannya halus, saatnya Anda membentuk adonan tersebut. Bentuk adonan dengan menggunakan tangan atau sendok menjadi bulatan kecil. Ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera demikian juga dengan bentuknya. Untuk anak-anak, mungkin Anda bisa membentuknya lebih unik.
  8. Masukan langsung adonan yang telah Anda bentuk ke dalam air es. Biarkan bakso dingin dan mengapung. Setelah itu, Anda bisa mengangkatnya dan menyiapkannya untuk diolah.
Melihat caranya yang begitu mudah, Anda bisa membuatnya bersama anak langsung. Untuk pengolahan, jika Anda tidak langsung menggunakannya maka simpan hasil jadi bakso tersebut di dalam freezer. Bakso sehat dan bebas bahan pengawet ini juga bisa Anda olah menjadi salah satu alternatif menu buka puasa. Selain bakso ikan, bakso ayam pun menjadi salah satu menu inovatif dari bakso yang wajib untuk Anda coba.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel