RESEP CIMOL PEDAS PENGGOYANG LIDAH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP CIMOL PEDAS PENGGOYANG LIDAH

RESEP CIMOL PEDAS PENGGOYANG LIDAH : Cimol merupakan salah satu olahan jajanan dari Bandung yang sudah sangat dikenal dari dulu hingga sekarang. Tak hanya anak-anak yang menyukai jajanan ini, tetapi hampir semua kalangan menyukainya termasuk orang tua yang suka ngemil. Sebagaimana cireng ataupun cilok yang merupakan suatu singkatan, cimol juga merupakan singkatan dari ‘aci digemol’. Mengolah tepung aci atau tepung kanji untuk menjadi cimol bukanlah hal yang sulit. Salah satu faktor yang membuat cimol memiliki banyak peminat selain dari rasanya yang enak dan gurih juga karena cimol memiliki harga yang sangat terjangkau jadi siapa saja bisa membelinya. Bahakn resep cimol pun sangat mudah untuk dipraktekkan.


Anda mungkin pernah mencoba cimol dengan rasa original dengan bumbu asin. Kini, Anda bisa mencoba untuk mencicipi kuliner murah meriah ini dengan variasi rasa lainnya yaitu pedas. Anda bisa membuat jajanan ini di rumah untuk anak dan keluarga karena dengan membuat sendiri tentu higienitas dan bahan yang digunakan juga lebih aman dan sehat. Bahkan, Anda juga bisa menjadikan olahan dari tepung kanji ini sebagai alternatif untuk mendapatkan uang dengan berjualan cimol. Ini tentu bisa menjadi suatu ide berbisnis yang menarik. Anda hanya perlu menambahkan kreasi Anda agar cimol yang Anda buat memiliki keunikan yang membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Baiklah, tak perlu banyak pembahasan, mari kita mulai untuk mempersiapkan berbagai bahan dan bumbu untuk resep cimol pedas istimewa Anda.

Bahan Cimol Pedas Gurih

Beberapa bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat cimol pedas gurih adalah:
  • Tepung kanji sekitar satu kilogram
  • Tepung beras sebanyak 10 sendok makan
  • Tepung terigu 8 sendok makan
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Bubuk cabe untuk taburan
  • Bumbu bubuk (keju, balado, atau lainnya) bagi yang tidak menyukai rasa pedas
Cara Membuat Cimol Pedas Gurih
Setelah semua bahan di atas disiapkan, kita bisa memulai untuk mengolahnya menjadi cimol istimewa.
  • Anda harus menyiapkan suatu wadah bersih yang digunakan untuk mencampurkan semua bahan-bahan di atas. Setelah itu, Anda masukkan semua bahan dan mencampurnya hingga rata.
  • Bila semua bahan sudah tercampur rata, Anda bisa memasukkan air panas sedikit demi sedikit dan mencampurkannya hingga bahan adonan tersebut menjadi kenyal dan pulen. Untuk mengaduk adonan ini, Anda sebaiknya menggunakan sendok atau spatula karena Anda menggunakan air panas.
  • Bila adonan sudah pulen dan kenyal, Anda bisa mulai membentuknya menjadi bulatan-bulatan sesuai dengan selera.
  • Anda sebaiknya mulai menyiapkan penggorengan dan mengisinya dengan minyak goreng. Anda tak perlu menggunakan api yang terlalu besar, Anda cukup menggunakan api sedang.
  • Setelah minyak goreng panas, adonan yang telah dibentuk menjadi bulatan-bulatan selanjutnya digoreng dalam api sedang hingga matang. Salah satu tanda bila adonan tersebut matang adalah mengambang di atas minyak. Setelah adonan mengambang, Anda sebaiknya mengaduk-aduk adonan tersebut beberapa menit lalu mengangkatnya dan meniriskannya.
  • Bila cimol sudah matang dan siap disajikan, Anda bisa menaburkan bubuk cabe untuk memberikan cita rasa pedas. Namun, bila Anda ingin menyajikan cimol goreng untuk anak-anak, Anda sebaiknya menaburkan bubuk keju ataupun balado yang tidak terlalu pedas.
  • Agar bubuk bumbu bisa merata ke seluruh cimol, Anda bisa menyiapkan wadah dengan tutup. Anda masukkan cimol ke dalam wadah dan taburi dengan bubuk bumbu ataupun bubuk cabe. tutup wadah tersebut dan goyang-goyang hingga bubuk tercampur rata dengan cimol.
Selain menggunakan bubuk bumbu, Anda juga bisa menambahkan saus bumbu rujak ataupun dengan saus tomat. Semua kreasi tersebut sebaiknya disesuaikan dengan selera Anda dan keluarga. Anda bisa menghidangkan cimol goreng yang gurih dan empuk untuk hidangan dan camilan bersama keluarga di sore hari ataupun waktu libur sambil minum teh. Selain itu, Anda juga bisa menghidangkannya untuk jamuan di acara kumpul bersama teman ataupun arisan. Meskipun cimol merupakan jajanan sederhana, Anda jangan salah, semua orang bakal menyukainya.

Anda bisa membuat jajanan dan camilan sederhana yang istimewa untuk keluarga Anda dengan resep cimol pedas istimewa. Anda juga bisa membuat kreasi olahan tepung kanji untuk camilan di rumah Anda. Anda mungkin tertarik untuk mencoba Resep Cireng ataupun Resep Cilok Istimewa. Ini bisa menjadi pilihan variasi olahan dari tepung kanji yang sangat mudah namun sangat nikmat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel