RESEP BUBUR SUMSUM YANG LEMBUT DAN LEZAT - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP BUBUR SUMSUM YANG LEMBUT DAN LEZAT

RESEP BUBUR SUMSUM YANG LEMBUT DAN LEZAT : Mengaplikasikan resep bubur sumsum sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Namun, bagi Anda yang masih awam dalam dunia masak-memasak, membuat bubur ini merupakan tantangan yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak banyak pemula yang bisa membuat bubur sumsum yang benar-benar lembut dan lezat. Sebab, salah memasukkan jumlah bahan atau salah menentukan lama waktu memasak yang tepat bisa menyebabkan bubur tidak sesuai harapan. Diperlukan cara tertentu agar bubur ini bisa menjadi santapan nikmat.
Bubur sumsum sendiri adalah andalan santapan lezat yang bisa digunakan untuk menambah tenaga. Dibuat dari tepung beras, bubur sumsum kaya akan karbohidrat yang bisa menyuplai tenaga yang hilang. Apalagi, bubur ini menggunakan saus gula merah yang juga kaya akan karbohidrat. Namun, tidak seperti makanan kaya karbohidrat lainnya seperti nasi yang cenderung berat, bubur sumsum tergolong ringan untuk dimakan. Bubur ini pun cocok digunakan sebagai santapan ringan untuk menjamu tamu. Di bulan puasa, bubur sumsum juga bisa diandalkan sebagai makanan pembuka puasa sebelum menu makanan utama disajikan. Dengan sifatnya yang bisa memulihkan tenaga dengan cepat namun tidak memberatkan, bumbum sumsum sangat cocok bagi mereka yang perlu melaksanakan ibadah tarawih dengan lebih khusyuk.

Bahan Membuat Resep Bubur Sumsum

Bubur sumsum terdiri atas dua komponen, yakni bubur dan sausnya. Untuk membuat masing-masing komponen tersebut dilakukan secara terpisah sehingga alat dan bahan yang digunakan berbeda. Berikut ini berbagai jenis bahan yang diperlukan untuk membuat bubur Sumsum:
  1. 100 gram tepung beras
  2. 3 lembar daun pandan. Sobek daun tersebut lalu bentuk menjadi simpul.
  3. 650 ml santan
  4. Setengah sendok teh garam atau sesuai selera
Sedangkan untuk membuat sausnya, persiapkan berbagai bahan di bawah ini:
  1. 100 ml air
  2. 200 gram gula merah yang sudah diiris dengan halus. Jumlah gula merah juga bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.
  3. 2 lembar daun pandan yang sudah disobek dan dibuat menjadi simpul.
Selain menyiapkan berbagai bahan di atas, siapkan pula alat-alat yang diperlukan. Alat yang diperlukan antara lain wadah untuk tiap bahan, kain lap dan tissue untuk membersihkan kotoran, panci, kompor, dan wadah untuk menyajikan.
Cara Membuat Bubur Sumsum
  1. Bagi santan yang tersedia ke dalam dua wadah yang berbeda.
  2. Panaskan santan pada satu wadah menggunakan api yang kecil saja. Masukkan daun pandan yang sudah dibentuk simpul di dalamnya agar menambah aroma wangi.
  3. Aduk rata dan pastikan agar santan tidak pecah.
  4. Campur santan pada wadah kedua dengan tepung beras serta garam. Pastikan jumlah garam yang Anda masukkan sesuai selera Anda.
  5. Aduk rata campuran tersebut hingga benar-benar homogeny.
  6. Tuangkan campuran pada wadah kedua ini ke dalam santan yang sedang dipanaskan.
  7. Aduk hingga rata sehingga membentuk bubur yang kental.
  8. Tunggu hingga matang.
  9. Setelah dirasa benar-benar matang, angkat lalu sajikan pada wadah yang sudah disediakan.
Sedangkan untuk membuat sausnya, aplikasikan langkah berikut ini:
  1. Masukkan gula merah ke dalam air. Pastikan jumlah gula yang Anda masukkan sesuai dengan tingkat manis yang Anda harapkan.
  2. Tambahkan pula daun pandan agar aroma saus semakin menggoda.
  3. Aduk rata air, gula merah, dan daun pandan tersebut hingga benar-benar tercampur dan menyatu.
  4. Rebus campuran tersebut menggunakan api yang sedang.
  5. Biarkan hingga agak mengental.
  6. Setelah dirasa cukup, angkat saus bubur sumsum ini lalu biarkan hingga dingin di wadah sajiannya.
Agar bubur sumsum makin terlihat menggoda untuk disantap, sajikan makanan ini dengan cara penyajian yang menarik. Tambahkan daun pandan kecil untuk menghiasi bubur. Anda juga bisa menyajikannya dengan cara saus dicampur langsung atau dibiarkan terpisah. Semuanya tergantung selera Anda masing-masing. Bubur sumsum sendiri sangat cocok digunakan untuk santapan pembuka sebelum menu utama disajikan. Dengan cara penyajian yang praktis, makanan ini memang patut dijadikan andalan untuk pembuka yang lezat. Untuk resep selanjutnya yang menarik dan praktis seperti resep bubur ini, selalu update artikel resep selanjutnya, ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel