RESEP BUBUR MANADO YANG BERGIZI DAN PRAKTIS - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP BUBUR MANADO YANG BERGIZI DAN PRAKTIS

RESEP BUBUR MANADO YANG BERGIZI DAN PRAKTIS : Informasi mengenai resep bubur Manado memang sangat menarik untuk diketahui. Bubur asal salah satu daerah di Indonesia ini mengandung gizi yang sangat kaya dan cara pembuatan yang tergolong praktis. Berbeda dengan bubur lainnya yang biasanya hanya terbuat dari beras saja, bubur Manado memiliki komponen lain yang sangat kaya. Bubur ini menggunakan berbagai jenis sayuran seperti daun melinjo, kacang panjang, daun bayam, hingga labu kuning. Bahan-bahan tersebut dimasak bersama dengan beras sehingga tercipta cita rasa yang benar-benar menyatu, kuat, dan sangat lezat. Makanan ini sangat pas untuk dijadikan sebagai santapan keluarga yang efektif untuk menambah asupan gizi bagi anggotanya. Apalagi bila sajian bubur Manado dikombinasikan dengan lauk pauk yang menyediakan gizi hewani.
Meskipun memiliki banyak sekali komponen dibanding jenis bubur lainnya yang biasa kita kenal, sebenarnya membuat bubur Manado tidaklah sulit. Apalagi, alat dan bahan yang digunakan sangat mudah ditemui di berbagai pelosok di Indonesia. Harga alat dan bahan yang diperlukan tersebut pun tergolong sangat terjangkau karena merupakan alat dan bahan harian yang dimiliki oleh orang Indonesia. Dengan kata lain, selain lezat, bubur Manado ini juga sangat praktis dibuat dengan biaya yang jauh dari kata mahal. Makanan ini adalah makanan terjangkau dengan citarasa tinggi yang menyehatkan yang pantas dicoba oleh para keluarga Indonesia.

Bahan Membuat Resep Bubur Manado

Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat bubur Manado:
  1. 500 gram beras yang telah dicuci dan ditiriskan. Usahakan memilih beras yang kualitasnya baik sehingga bubur yang dihasilkan benar-benar lezat.
  2. 300 gram labu kuning yang sudah dipotong-potong dengan panjang sesuai selera masing-masing.
  3. 200 gram ubi jalar yang sudah dipotong-potong.
  4. 2 buah jagung. Sisir jagung tersebut dari tongkolnya hingga menjadi butir-butir jagung yang siap dimasak.
  5. 100 gram daun melinjo yang masih muda
  6. Kacang panjang 2 ikat yang telah dipotong dengan panjang menurut selera masing-masing
  7. 100 gram daun bayam yang sudah dicuci bersih
  8. 50 gram daun kemangi
  9. Garam secukupnya
  10. Air secukupnya.
Selain bahan-bahan di atas, siapkan pula alat yang diperlukan meliputi wadah untuk masing-masing bahan, lap/tissue untuk membersihkan noda dan kotoran, panci, wadah untuk menyajikan bubur manado yang sudah masak, hingga kompor.
Cara Membuat Bubur Manado
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Usahakan agar selama proses memasak berlangsung, Anda bisa segera mengambil alat atau bahan yang diperlukan untuk menghemat waktu maupun tenaga.
  2. Rebus 500 gram beras yang sebelumnya sudah dicuci dan ditiriskan.
  3. Masak beras dengan air. Volume air yang direkomendasikan adalah 3 sampai 5 cm di atas permukaan beras dalam wadah.
  4. Tambahkan labu kuning, ubi jalar, serta jagung yang sudah diserut dari tongkolnya.
  5. Rebus kembali berbagai bahan tersebut sampai benar-benar matang.
  6. Setelah matang, masukkan bahan-bahan lainnya yang belum dimasukkan seperti daun bayam, kacang panjang, daun melinjo, hingga garam secukupnya.
  7. Rasakan bubur setelah garam ditambahkan. Pastikan rasanya sudah sesuai dengan selera masing-masing.
  8. Lanjutkan perebusan hingga bubur kembali benar-benar
  9. Siapkan wadah untuk menyajikan. Bersihkan bila ada noda atau kotoran dengan kain lap atau tissue yang bersih.
  10. Angkat bubur yang sudah matang dan sajikan pada wadah yang sudah disiapkan. Untuk mempercantik bubur, bisa ditambahkan daun kemangi.
Demikian cara membuat bubur Manado yang mudah sekali diikuti bahkan oleh yang tidak biasa memasak sekalipun. Semoga pembaca yang sebelumnya merasa kesulitan mencari informasi mengenai cara membuat bubur Manado ini bisa terbantu. Untuk menyantap bubur ini sendiri, bisa ditambahkan bahan-bahan terutama lauk pauk lain. Misalnya berbagai jenis ikan yang digoreng dan dibakar. Gurihnya ikan akan membuat bubur Manado semakin sedap untuk disantap. Gizi yang didapatkan dari santapan bubur dan lauk tersebut pun semakin kaya dengan tambahan gizi zat hewani seperti ikan. Nah, untuk berbagai resep menarik lainnya yang mudah dan kaya akan gizi seperti bubur Manado ini, terus ikuti update artikel selanjutnya, ya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel