SAJIAN RESEP KARI AYAM KENTAL YANG LEZAT - Trik Tips Memasak Spesial Mama

SAJIAN RESEP KARI AYAM KENTAL YANG LEZAT

SAJIAN RESEP KARI AYAM KENTAL YANG LEZAT : Olahan resep kari ayam untuk hidangan di hari raya Idul Fitri. Salah satu makanan asal luar negeri, tepatnya India, yang bersahabat dengan lidah orang Asia adalah kari. Hidangan ini begitu populer karena memiliki rasa yang khas dengan kuah kentalnya. Kuning kemerahan, itulah warna kuahnya. Dari warna tersebut saja, sudah menunjukan bahwa bumbu makanan ini diolah dari berbagai rempah pilihan yang membuat aromanya kuat. Biasanya, di Indonesia, kari disajikan sebagai salah satu hidangan di hari raya Idul Fitri sebagai pendamping ketupat. Satu lagi yang khas dari kari adalah rasa pedasnya. Namun, untuk rasa pedas tersebut bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya.
Pemilihan daging ayam dalam pembuatan kari ini merupakan salah satu alternatif pilihan olahan daging ayam yang tepat bagi Anda yang tidak menyukai daging sapi atau kambing. Dimana, sebelumnya olahan kari dikenal menggunakan kedua daging tersebut. Selain sebagai makanan untuk hari raya, menyajikan kari ayam sebagai salah satu menu makanan sehari-hari pun bisa Anda lakukan. Dalam kari tersebut terkandung protein yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Baik untuk dikonsumsi seluruh keluarga. Hanya saja, karena kari mengandung santan, bagi yang memiliki gangguan dengan lambung sebaiknya mengontrol konsumsinya. Berikut ini, cara praktis membuat kari ayam dengan kuah kental tersebut.

Bahan Utama Kari Ayam:
  1. Ayam, ½ ekor. Sangat disarankan menggunakan ayam kampung agar rasanya lebih enak. Namun, penggunaan ayam pedaging yang biasa pun tidak masalah. Tergantung pada selera Anda. Termasuk dalam cara memotongnya. Potonglah sesuai selera baik bentuk maupun jumlahnya.
  2. Santan, 350 cc yang diambil dari ¼ butir buah kelapa tua. Pilih kelapa tua yang bagus untuk hasil santan kental dan berkualitas.
  3. Kentang, 2 buah. Pilih yang berukuran sedang besar. Potong menjadi bentuk dadu atau kotak-kotak. Untuk hasil masak yang baik dan cepat. Anda bisa mengukus, merebus, atau menggoreng sebentar potongan kentang tersebut.
  4. Lengkuas, 1 ruas. Memarkan.
  5. Serai, 1 batang. Memarkan.
  6. Daun jeruk purut, 2 lembar.
  7. Garam, secukupnya,
  8. Gula, secukupnya.
  9. Merica bubuk, secukupnya.
  10. Gula pasir, secukupnya.
  11. Minyak goreng, 4 sendok makan.
  12. Bawang goreng, 3 sendok makan untuk taburan.
  13. Bumbu halus:
  14. Bawang merah, 4 siung.
  15. Bawang putih, 3 siung.
  16. Kemiri, 3 butir.
  17. Ketumbar, ½ sendok teh.
  18. Cabai merah besar, 3 buah.
  19. Kunyit, 1 cm.
  20. Jahe, 1 cm.
  21. Jintan, ½ sendok teh.
  22. Jika Anda ingin rasa pedas. Pada bumbu halus bisa ditambahkan cabai rawit merah atau cabai keriting merah.
Cara Membuat Resep Kari Ayam:
  1. Panaskan minyak goreng. Kemudian, masukan bumbu halus. Tumis sampai harum.
  2. Masukkan serai, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk dan tumis hingga bumbu matang.
  3. Satu per satu, masukan daging ayam yang telah dipotong-potong. Aduk hingga merata dan bumbu meresap.
  4. Tambahkan santan kelapa. Aduk kembali, lalu diamkan sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih, tambahkan garam, merica, dan gula. Cicipi agar Anda mendapatkan rasa yang diinginkan sesuai dengan selera. Aduk terus kari tersebut agar santannya tidak pecah.
  6. Pada tahap masak terakhir, masukan kentang yang telah Anda rebus, kukus, atau goreng terlebih dahulu tersebbut. Aduk dan pastikan semua bahan tercampur dengan bumbu yang meresap.
  7. Setelah daging dan kentang menjadi empuk, matang sempurna Anda bisa mengangkat dan menyajikannya dalam wadah.
  8. Taburkan bawang goreng di atas kari yang telah jadi.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel