RESEP SATE AYAM LEZAT SPESIAL - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP SATE AYAM LEZAT SPESIAL

RESEP SATE AYAM LEZAT SPESIAL : Resep sate ayam sebenarnya bukan resep yang sulit untuk diikuti. Namun demikian, banyak orang yang ragu untuk mengaplikasikan resep tersebut di rumah. Padahal sate ayam adalah jenis masakan lezat yang sangat menarik untuk Anda sekeluarga. Sebagaimana namanya, sate ayam adalah jenis sate yang menggunakan bahan baku daging ayam. Masakan ini adalah salah satu jenis masakan asli Indonesia yang sudah begitu mendunia di berbagai negara. Di Negeri Belanda, sate ayam bahkan menjadi salah satu masakan favorit yang disukai orang-orang Belanda asli. Banyak restoran yang menyajikan masakan ini. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, warga Belanda asli sering membuat sate ayam sendiri di rumahnya masing-masing.
Selain lezat, sate ayam sebenarnya juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Ini menjadikan sate ayam sebagai salah satu masakan alternatif yang bagus Anda jadikan menu rumahan. Sate ayam mengandung protein hewani dari ayam dan protein nabati dari saus kacangnya. Belum lagi bila Anda menambahkan bahan tambahan lain seperti tomat dan lontong. Nilai gizi masakan ini sangat baik untuk mempertahankan kesehatan keluarga. Sayangnya, selain dianggap ribet, terdapat mindset di masyarakat yang seolah menganggap sate ayam adalah masakan untuk hari spesial seperti Idul Adha dan tahun baru. Nah, bagi Anda yang ingin mendobrak mindset tersebut sekaligus memberikan kejutan untuk keluarga, berikut ini kami hadirkan cara pembuatan sate ayam lezat yang sangat spesial.
Bahan Resep Sate Ayam
Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat sate ayam sekaligus bahan untuk bumbu sate ayam yang perlu Anda siapkan.
Bahan Utama
  1. 300 gram daging ayam yang sudah dipotong dengan ukuran 2x2x1 cm
  2. 1 sendok makan kecap manis
  3. 1 sendok teh minyak goreng
  4. 19 buah tusuk sate
  5. 25 ml air
Bumbu Sate Ayam
  1. 50 gr gula merah yang sudah disisir halus
  2. 1 sendok makan ketumbar bubuk
  3. 1 sendok teh garam atau sesuai selera
Bahan Saus Kecap
  1. 8 buah cabai rawit hijau yang sudah diiris
  2. 5 butir bawang merah yang sudah diiris halus
  3. 6 sendok makan kecap manis
Bahan Pelengkap
  1. 3 porsi nasi putih atau lontong
  2. Tomat merah yang sudah diiris
  3. Sambal hijau
  4. Dan berbagai bahan lainnya menurut selera Anda
Pastikan semua bahan yang Anda siapkan di atas dalam kondisi baik. Dengan demikian, sate ayam yang Anda buat bukan hanya lezat namun juga bergizi dan menyehatkan.
Cara Membuat Sate Ayam
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Tata sedemikian rupa agar mudah Anda jangkau saat akan digunakan. Ini agar proses memasak Anda lebih efisien dari segi waktu maupun tenaga.
  2. Campurkan daging ayam dengan bumbu halus. Tambahkan kecap dan minyak goreng lalu remas-remas hingga merata. Beri air dan aduk kembali. Diamkan agar bumbu meresap selama satu jam.
  3. Tusuk daging pada tusuk sate yang sudah disiapkan
  4. Bakar sate sambil diolesi sisa bumbu
  5. Untuk membuat saus kecap, campurkan semua bahan lalu aduk rata
  6. Sajikan sate bersama dengan saus kecap dan bahan pelengkap
  7. Sate ayam lezat siap dinikmati
Demikian langkah-langkah cara membuat sate ayam. Proses pembuatan masakan ini memang sering dianggap ribet bagi kebanyakan orang. Tak heran masyarakat jarang memasak masakan ini sebagai masakan harian meskipun jumlah daging ayam cukup tersedia di rumah. Banyak yang memilih mengolah ayam menjadi jenis masakan yang dianggap simpel seperti ayam goreng hingga sup ayam. Ini disebabkan karena terdapat proses pemanggangan dalam pembuatan sate ayam. Padahal, sebenarnya proses tersebut tidak seribet yang banyak dibayangkan orang. Apalagi, rasa sate ayam yang lezat siap untuk dinikmati bila kita memang mau sedikit berusaha untuk membuatnya. Dengan resep yang sebenarnya sederhana ini, kita juga bisa menambahkan inovasi disana-sini. Misalnya menambahkan sambal cabai hijau untuk sensai pedas yang lebih menggoda selera. Tertarik? Selamat mencoba resep ini dan terus ikuti resep menarik selanjutnya, ya!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel