RESEP BUBUR KACANG HIJAU YANG MUDAH DAN PRAKTIS - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP BUBUR KACANG HIJAU YANG MUDAH DAN PRAKTIS

RESEP BUBUR KACANG HIJAU YANG MUDAH DAN PRAKTIS : Resep bubur kacang hijau sebenarnya tidak sulit diaplikasikan. Bahan pembuatnya pun tergolong sangat mudah dicari dan tidak mahal untuk dibeli. Bubur ini pun menjadi alternative yang sangat menarik untuk konsumsi ringan yang menyehatkan. Apalagi, di bulan puasa dimana bubur ini bisa digunakan untuk menu berbuka. Sebelum menyantap makanan berat, bubur kacang hijau bisa digunakan untuk mengisi perut tanpa terlalu memberatkan sehingga kita masih bisa melaksanakan ibadah tarawih. Bubur ini pun banyak disukai sehingga bisa digunakan untuk santap bersama keluarga maupun untuk menjamu tamu yang datang.
Selain lezat, khasiat bubur untuk menambah gizi pun tak perlu dipertanyakan lagi. Gizi yang ditawarkan oleh makanan ini memang sangat kaya. Dari bahan kacang hijaunya saja, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber mineral penting seperti fosfor dan kalsium. Kacang ini pun banyak mengandung asam lemak tak jenuh yang merupakan golongan asam lemak yang tidak membahayakan seperti asam lemak jenuh. Belum lagi bila kita menilik gizi dari bahan lainnya seperti santan. Karena itulah, tak ada salahnya kita tahu dan menerapkan cara membuat bubur kacang hijau yang merupakan makanan ringan nan menyehatkan ini.
Bahan Membuat Resep Bubur Kacang Hijau
Untuk membuat bubur kacang hijau sendiri tentu diperlukan alat dan bahan yang spesifik. Meskipun tidak menggunakan alat dan bahan yang sulit dicari, namun alangkah lebih baiknya bila kita menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang diperlukan. Jadi acara memasak yang kita lakukan lebih efisien baik dari segi tenaga dan waktu. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan bubur kacang hijau:
  1. Kompor
  2. Wadah untuk tiap bahan
  3. Wadah sajian
  4. Tissue atau lap
  5. Panci
Bahan:
  1. Seperempat Kacang Hijau secukupnya
  2. Garam secukupnya
  3. Dua bungkus santan / kara
  4. Air secukupnya
  5. 2 lembar daun pandan agar aroma bubur kacang hijau menjadi wangi dan semakin menggugah selera. Daun pandan nantinya juga bisa digunakan untuk mempercantik bubur kacang hijau yang sudah jadi.
  6. Gula merah secukupnya
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Atur sedemikian rupa agar tidak berantakan.
  2. Cuci kacang hijau sampai benar-benar bersih. Pada langkah ini, kita juga bisa sekaligus menyeleksi kacang hijau yang baik dengan cara merendamnya. Buanglah kacang hijau yang mengapung karena hal tersebut menunjukkan kualitas kacang yang buruk.
  3. Rendam kacang hijau yang sudah diseleksi dalam air panas selama 15 menit.
  4. Panaskan air di dalam panci selagi kita merendam kacang hijau. Jumlah air yang Anda tuangkan disesuaikan dengan jumlah kacang dan selera masing-masing.
  5. Tidak berselang lama, masukkan kacang hijau ke dalam air yang sudah dipanaskan.
  6. Masukkan gula merah sesuai selera kita masing-masing.
  7. Aduk perlahan sampai gula merah mencair dan tercampur sempurna.
  8. Tambahkan santan atau kara, lalu aduk kembali.
  9. Masukkan garam serta daun pandan. Aduk hingga semuanya tercampur dengan sempurna.
  10. Lakukan pengadukan secara terus menerus hingga tercium aroma wangi dari pandan dan bubur sudah benar-benar matang.
  11. Matikan kompor. Angkat bubur kacang hijau yang sudah matang.
  12. Tuangkan dalam wadah untuk menyajikan. Sebelumnya bersihkan wadah terlebih dahulu dengan lap/tissue
  13. Hias dengan daun pandan agar bubur kacang hijau semakin terlihat menarik dan menggiurkan untuk disantap.
Demikian cara membuat bubur kacang hijau yang sangat mudah dan sederhana. Untuk membuat bubur kacang hijau agar semakin menarik, sebenarnya kita bisa menambahkan bahan lainnya seperti ketan hitam dan roti tawar. Ketan hitam bisa kita tambahkan dengan cara memasukkannya bersama dengan kacang hijau dalam proses memasak di atas. Sedangkan untuk roti tawar, tinggal kita sajikan saja saat bubur kacang hijau sudah selesai dibuat. Bubur kacang hijau buatan kita pun akan lebih terasa sedap dan variatif. Nah, untuk ide memasak lainnya yang sama menarik dan mudahnya dengan resep ini, silahkan update terus artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel