RESEP AYAM PENYET SEDERHANA DENGAN RASA YANG MEMBAHANA - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP AYAM PENYET SEDERHANA DENGAN RASA YANG MEMBAHANA

RESEP AYAM PENYET SEDERHANA DENGAN RASA YANG MEMBAHANA : Siapa bilang resep ayam penyet itu sulit dan tidak mudah untuk dibuat? Jangan salah, di antara olahan menu lain, ayam penyet adalah salah satu menu yang cukup praktis dan mudah untuk dibuat. Menu ini sudah cukup khas bagi kalangan anak kos. Nah, bila Anda termasuk salah satu “mantan” anak kos dan merindukan menu sehari-hari Anda saat menjadi anak kos dahulu, tak ada salahnya bila Anda bisa mencoba membuat ayam penyet ala kreasi sendiri. Seperti yang kita tahu, menu ini memiliki banyak variasi. Berbagai lauk bisa ditambahkan untuk mengiringi kelezatan masakan ini. Gurih, nikmat dengan level pedas yang berbeda-beda. Kenikmatan ayam penyet selalu ada pada sambalnya yang bervariasi. Tentunya Anda juga bisa mempelajari untuk membuat sambal yang lezat bukan.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, resep ayam penyet adalah menu yang cukup praktis untuk dibuat. Prinsipnya adalah pada ayam goreng dengan bumbu yang meresap dan juga variasi sambal untuk pelengkap dari daging ayam ini. Tambahan lauk seperti tahu, tempe terong dan lain sebagainya juga bisa dipadukan dengan menu yang nampaknya ada di banyak kota di Indonesia ini. Variasi sambal yang diperlukan juga sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Anda juga bisa menentukan apakah Anda akan membuat ayam penyet goreng atau ayam penyet bakar. Supaya lebih praktis dan bisa dibuat di rumah sewaktu-waktu, jenis ayam penyet goreng adalah menu yang bisa Anda coba. Jadi, tidak usah bertele-tele, mari simak bagaimana cara membuat ayam penyet spesial ini.
Resep dan Bahan-bahan yang Perlu Dipersiapkan
Bahan-bahan untuk persiapan ayam penyetnya adalah sebagai berikut:
  1. Satu ekor ayam. Anda bisa memotongnya menjadi empat bagian. Jenis ayam yang cukup bagus untuk dipakai adalah ayam negeri.
  2. Minyak goreng secukupnya.
  3. Jahe kurang lebih 2 cm. Jangan lupa dimemarkan terlebih dahulu.
  4. Lengkuas sepanjang 3 cm dan sudah dimemarkan.
  5. Daun salam satu lembar.
  6. Air bersih sebanyak kurang lebih 200 mL.
  7. Sebagai bahan bumbunya, siapkan kunyit sekitar 1 cm.
  8. Tambahkan bawang putih sebanyak 4 siung.
  9. Jangan lupa persiapkan garam secukupnya.
  10. Ketumbar halus kurang lebih satu sendok teh.
Sementara untuk bahan sambal ayam penyetnya antara lain:
  1. Daun kemangi, petik saja kira-kira dua tangkai.
  2. Setengah buah tomat merah.
  3. Garam secukupnya.
  4. Setengah sendok teh terasi yang sudah dibakar.
  5. Setengah sendok teh irisan gula merah.
  6. Cabai merah keriting sebanyak 7 buah (bisa disesuaikan selera).
  7. Cabai rawit sebanyak 7 buah (sesuaikan lagi dengan selera)
  8. Daun jeruk purut dua lembar.
Langkah Praktis Mengolah Ayam Penyet Lezat
  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu bumbu yang dihaluskan. Campuran bumbu ini adalah kunyit, bawang putih, garam dan juga ketumbar. Haluskan bahan-bahan ini supaya menjadi bumbu yang cukup baik untuk daging ayam.
  2. Setelah bumbu siap, campurkan ayam bersama dengan bumbu halus, lengkuas, jahe, daun dalam dan air. Bila perlu aduk-aduk beberapa saat. Diamkan sehingga bumbu bisa meresap dengan baik ke dalam daging ayam. Titik-titik saja tekstur daging ayamnya sehingga bumbu bisa masuk dengan baik ke dalamnya.
  3. Sekarang siapkan panci. Rebus daging ayam dengan api kecil bersama dengan rendaman bumbu tadi sehingga bumbu bisa meresap dengan lebih baik lagi ke dalam daging ayam.
  4. Setelah matang, angkat dan tiriskan daging ayam. Sekarang Anda bisa siapkan wajan dan minyak panas untuk mulai menggoreng daging ayam tersebut.
  5. Goreng hingga ayam kecoklatan dan memiliki tekstur yang empuk. Tiriskan ayamnya.
  6. Sekarang persiapkan sambal dengan menumbuk semua bahan sambal yang sudah dipersiapkan tadi. Anda juga bisa membuat variasi sambal lain dengan menambahkan kecap atau bahan lain ke dalamnya.
Luar biasa mudah bukan untuk membuat ayam penyet ini? Sajikan ayam penyet ini bersama dengan sambal dan hidangan lauk lainnya. Anda bisa merasakan sendiri rasa yang sudah lama tidak Anda rasakan dengan menikmati ayam penyet ini. Bila Anda ingin mencoba menu yang lebih rumit, Anda bisa mulai mempelajari resep untuk pembuatan ayam goreng tepung atau ayam goreng kremes. Tentunya memulainya dengan resep ayam penyet bisa menjadi langkah bagus untuk berkreasi dengan olahan daging ayam lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel