RESEP AYAM KREMES YANG BISA DIBUAT MUDAH DI RUMAH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP AYAM KREMES YANG BISA DIBUAT MUDAH DI RUMAH

RESEP AYAM KREMES YANG BISA DIBUAT MUDAH DI RUMAH : Salah satu olahan daging ayam yang bisa Anda coba adalah resep ayam kremes yang tentunya akan nikmat untuk dihidangkan saat makan bersama keluarga. Menu ini bisa dibuat di rumah menggunakan bumbu-bumbu dan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Rasanya yang memang renyah dengan beberapa tambahan nuansa sedap yang memanjakan lidah akan membuat orang yang merasakannya semakin tergila-gila untuk makan lagi dan lagi. Banyak restoran yang juga menyediakan menu semacam ini. Tak heran apabila ini bisa dijadikan sebagai bahan bisnis kuliner yang cukup bagus. Anda bisa mulai mempelajari untuk membuat menu masakan ini siapa tahu Anda bisa terinspirasi membuat bisnis kuliner dari sana. Tentunya hobi memasak Anda bisa menjadi salah satu potensi terbesar untuk menghasilkan pundi-pundi uang, bukan?
Terlepas dari itu semua, untuk membuat resep ayam kremes yang enak dan renyah Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Ayam kremes berbeda dengan ayam tepung. Rasa kremes yang ada pada menu ini akan lebih terasa renyah dengan bumbu yang cukup kuat terasa. Untuk membuat menu masakan semacam ini Anda perlu memperhatikan cara penggorengan ayam berikut penyiapan bumbu yang ada. Ada dua teknik yang bisa Anda lakukan. Pertama yaitu dengan cara membuat daging ayam goreng terpisah dengan bumbu kremesnya sehingga saat disajikan ayam cukup ditaburi dengan bumbu kremes. Yang kedua yaitu dengan membuat bumbu kremesnya terlebih dahulu kemudian mencampur bumbu tersebut pada daging ayam sehingga daging ayam akan terselimuti bumbu kremes. Terserah cara mana yang Anda pilih, yang jelas berikut ini adalah panduan untuk membuat ayam kremes yang crispy dan menggugah selera.
Bahan-bahan untuk Ayam Kremes Gurih
  1. Persiapkan ayam satu ekor. Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Jangan terlalu kecil atau besar. Anda bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung.
  2. Siapkan bawang merah sekitar 6 siung. Kupas kulitnya dan siapkan untuk bumbu ayam.
  3. Setengah sendok jinten untuk rasa tradisional yang khas.
  4. Bawang putih cukup sebanyak 3 siung.
  5. Ketumbar yang sudah disangrai sekitar satu sendok teh.
  6. Sedikit merica dan garam kira-kira satu sendok kecil.
  7. Empat helai daun jeruk purut yang sudah dicuci.
  8. Lengkuas seukuran satu setengah jari orang dewasa yang sudah dicuci.
  9. 2-3 lembar daun salam.
  10. Tepung tapioka atau tepung kanji dua sendok makan.
  11. Baking powder secukupnya.
  12. Satu batang serai ukuran sedang.
  13. Tepung beras berkualitas baik sekiranya 2 sendok makan dengan tekstur yang halus untuk membuat kremes.
  14. Minyak goreng secukupnya.
Cara Pembuatan Resep Ayam Goreng Kremes Praktis
  1. Langkah pertama yaitu dengan mempersiapkan bumbu halus dari menu ayam kremes ini. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar yang sudah disangrai, merica, jinten dan garamnya. Tumbuk hingga benar-benar halus.
  2. Sekarang rebus daging ayamnya. Istilah lokalnya yaitu untuk “ngungkep” daging ayamnya.
  3. Masukkan bumbu halus yang sudah dipersiapkan tadi bersama dengan lengkuas (memarkan terlebih dahulu), serai (juga dimemarkan dulu) dan daun salam. Aduk semuanya hingga meresap baik ke dalam daging.
  4. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan kemudian saring air kaldunya. Rebus lagi air kaldu tersebut supaya mudah dicampur dengan bahan lainnya.
  5. Siapkan satu wadah. Campurkan tepung kanji, tepung beras dan baking powder untuk membuat kremes. Aduk hingga agak lembek lalu campurkan ke dalam air kaldu hingga merata (jangan terlalu kental, cukup sedikit encer saja).
  6. Sekarang Anda bisa memasukkan bumbu kremes tersebut ke penggorengan lalu masukkan daging ayamnya. Daging ayam akan diselimuti bumbu kremes.
  7. Bila ingin membuat kremes yang terpisah, goreng dulu ayamnya dan angkat. Masukkan sedikit adonan kremes sesuai jumlah yang diinginkan. Taburkan kremes pada ayam yang sudah digoreng tadi.
Kini ayam kremes super “kriuk” siap untuk disantap bersama. Anda bisa menambahkan beberapa tambahan bumbu lain supaya rasa ayam ini semakin mantap. Tambahan sambal nampaknya akan menjadikan lidah Anda semakin termanjakan dengan rasanya yang sedap. Jangan lupa juga Anda bisa coba resep olahan ayam lain seperti ayam kecap atau ayam penyet. Menu resep ayam kremes ini praktis untuk dicoba di rumah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel