RENYAH DAN GURIH RESEP PISANG GORENG - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RENYAH DAN GURIH RESEP PISANG GORENG

RENYAH DAN GURIH RESEP PISANG GORENG : Resep pisang goreng rumahan yang lebih sehat dan gurih. Pisang bisa dibilang merupakan salah satu buah-buahan yang paling populer di dunia. Mudah ditemukan dan harganya pun murah. Bahkan, Anda bisa menanamnya karena tanaman buah ini dapat tumbuh dengan mudah. Cara perawatan dalam budidayanya pun, juga tidak kalah mudahnya. Selama ini pisang dikenal sebagai buah yang mengenyangkan. Tidak jarang, mereka yang diet menggunakan buah pisang sebagai alternative untuk mengurangi nafsu makannya. Pisang mampu mengenyangkan lebih lama karena mengandung karbohidrat dan serat. Selain itu, di dalam pisang juga terkandung kalium yang bagus untuk tubuh. Berbagai vitamin, mineral, protein, hingga hormone pun juga bisa Anda dapatkan dari buah pisang.


Begitu bermanfaatnya buah pisang, membuat buah ini dikreasikan dalam pengolahannya. Membuatnya rasanya jadi lebih enak dan penampilannya lebih menarik. Orang Indonesia dikenal sangat suka menikmati gorengan. Buah pisang pun dijadikan salah satu olahan gorengan dengan menu pisang goreng. Olahan resep pisang goreng membuat pisang terasa lebih renyah dan lebih manis. Selain itu, pisang tersaji hangat sehingga cocok untuk dijadikan cemilan sambil minum teh baik pagi maupun sore hari. Sayangnya, penjual pisang goreng saat ini tidak begitu meyakinkan untuk masalah kualitas dan higenitas dalam proses membuatnya. Terkadang, tingkat kematangan pisan masih kurang pas. Minyak yang digunakan untuk menggoreng bekas menggoreng gorengan lain. Bahkan ada juga yang dalam minyaknya tersebut mengandung plastic dan lilin yang digunakan sebagai cara untuk membuat tekstur gorengannya renyah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda agar membuatnya sendiri di rumah. Selain pisang yang digunakan tingkat kematangannya bisa pas, sesuai dengan yang Anda inginkan. Penggunaan minyak pun bisa lebih dikontrol dan bersih. Sehingga, pisang goreng tersebut aman dikonsumsi dan tidak beresiko menimbulkan penyakit. Berikut ini merupakan resep renyah pisang goreng yang dikreasikan dengan tambahan cokelatagar rasanya semakin enak dan kulitnya pun renyah.

Bahan-Bahan Membuat Pisang Goreng
  1. Pisang raja, 20 buah.
  2. Tepung terigu, 250 gram.
  3. Telur, 2 butir.
  4. Cokelat masak pekat atau dark cooking chocolate, 200 gram. Iris atau sisir.
  5. Telur ayam, 4 putih. Ambil bagian putihnya saja. Kocok lepas. Untuk celupan.
  6. Tepung panir atau tepung roti, 200 gram.
  7. Air, 700 ml.
  8. Susu bubuk, 2 sendok makan.
  9. Gula pasir, 2 sendok makan.
  10. Garam, secukupnya.
  11. Margarin, 2 sdm. Lelehkan.
Cara membuat:
  1. Siapkan wadah. Tuang tepung terigu dalam wadah tersebut.
  2. Gunakan tangan, buat lubang berupa cekungan di bagian tengah tepung terigu tersebut.
  3. Tuangkan 2 butir telur, sedikit garam, dan margarin yang telah dilelehkan ke cekungan tersebut. Aduk bahan bersama tepung terigu dengan bentuk melingkar dan gerakan memutar. Sambil tetap diaduk, tungkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan tersebut. Aduk terus sampai adonan tercampur rata.
  4. Siapkan wajan anti lengket dan panaskan di atas kompor dengan api sedang kurang lebih 20 menit.
  5. Tuang adonan yang sudah jadi ke dalam wajan tersebut seperti membuat dadar. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Setelah semua dadar jadi, ambil satu lembar dadar tersebut. Taruh satu buah pisang, bisa juga Anda membelahnya menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu besar di atas dadar tersebut. Taburkan sisiran cokelat di batas pisangnya. Gulung dadar seperti Anda menggulung kulit lumpia sampai pisang terbungkus rapat. Lakukan sampai dadar habis.
  7. Celupkan setiap pisang yang telah terbungkus dadar ke dalam kocokan putih telur.
  8. Kemudian, gulingkan ke atas tepung panir atau tepung roti sampai seluruh tubuh pisang yang terbungkus dadar tersebut tertutupi tepung panir tersebut.
  9. Simpan pisang yang siap digoreng tersebut di dalam freezer terlebih dahulu kurang lebih 30 menit.
  10. Panaskan minyak secukupnya, untuk menggoreng pisang tersebut. Pastikan pisang terendam dalam minyak tersebut.
  11. Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  12. Sajikan dalam piring saji. Taburi di bagian atasnya dengan kayu manis atau gula palem bubuk untuk rasa yang semakin enak.
Pisang goreng yang lebih menarik dibandingkan yang dijual di tukang gorengan ini bisa Anda jadikan salah satu andalan camilan di rumah. Coba juga sajikan tempe mendoan sebagai menu gorengan lainnya. Resepnya tidak kalah mudah dan cepat untuk dibuat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel