MUDAHNYA MEMASAK RESEP CAH OYONG SOUN SENDIRI DI RUMAH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

MUDAHNYA MEMASAK RESEP CAH OYONG SOUN SENDIRI DI RUMAH

MUDAHNYA MEMASAK RESEP CAH OYONG SOUN SENDIRI DI RUMAH : Resep cah oyong soun adalah salah satu dari sekian banyak resep masakan yang bisa Anda praktekkan di rumah dengan mudah. Cah oyong soun ini menjadi salah satu resep masakan rumah yang mudah untuk dipraktekkan.


Segarnya kuah, nikmatnya oyong dan gurihnya soun menjadikan cah sayur ini adalah salah satu menu terfavorit di rumah. Cocok untuk hidangan keluarga pada saat makan malam dan cocok untuk dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan, karena sayur ini membawa banyak kebaikan bagi anak-anak di dalamnya. Pembuatan cah oyong soun ini juga memiliki bahan-bahan yang sangat mudah dicari dan didapatkan di pasar tradisional. Jika anda tak terlalu mengenal apa itu oyong, maka mungkin Anda mengenalnya dengan nama lain, yakni gambas. Mungkin Anda lebih sering familiar dengan nama gambas.

Dibalik bentuknya yang sangat empuk, oyong sendiri menyembunyikan banyak kebaikan bagi tubuh anda. oyong kaya akan kandungan vitamin A, B serta vitamin C, zat besi, seng, magnesium, riboflavin, Thamin yang diandalkan sebagai bahan untuk mencegah pilek, pembersih darah, melancarkan sistem pencernaan, obat alami untuk sakit kuning, diabetes, dan juga menurunkan berat badan. Zat penurun kadar diabetes ini terdapat pada kandungan biji dari oyong ini, oleh sebab itu ketika mengolah oyong sebagai sayuran, maka jangan hilangkan bagian bijinya. Kapan lagi Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda sekaligus mencicipi masakan rumahan lezatnya tiada tara dengan resep cah oyong soun ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijabarkan bagaimana membuat cah oyong soun ini, dan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dengan mudah untuk mengolahnya. Berikut uraiannya.

Bahan utama:
  • 2 buah oyong / gambas. Potong-potong dengan ketebalan yang agak tebal dengan bentuk membulat.
  • 5 butir bakso untuk pelengkap, potong sesuai dengan selera, lalu rebus hingga matang, dan tiriskan.
  • 2 batang daun bawang, iris halus.
  • 1 bungkus soun ±50 gram, seduh, lalu tiriskan.
  • 1 buah tomat, potong sesuai dengan selera.
  • 1000 mL air.
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Kaldu ayam bubuk.
Bumbu Iris:
  • 3 siung bawang merah, iris tipis.
  • 1 siung bawang putih, iris tipis.
Bahan bahan utama di atas adalah bahan yang dibutuhkan untuk mengolah cah oyong soun. Jika Anda tak suka bakso, maka Anda bisa tidak menggunakan bakso, karena bakso hanya berfungsi sebagai pelengkap. Langkah selanjutnya, bagaimana cara mengolah cah oyong yang akan dijelaskan di bawah ini.
  1. Ambil wajan, panaskan minyak goreng. Setelah dipastikan panas, terlebih dahulu tumis bumbu iris yang telah Anda siapkan tadi. Tumis hingga bau harum mulai tercium.
  2. Setelah tumisan bumbu iris tadi harum, masukkan sayur oyong dan aduk semuanya hingga terlihat setengah matang. Jaga sayur oyong agar tak terlalu layu.
  3. Selanjutnya, untuk menambah rasa, tambahkan garam, gula pasirdan kaldu ayam bubuk secukupnya dan aduk hingga rata kembali.
  4. Setelah merata, tuang air dan aduk rata semuanya hingga tercampur dengan air. Jika Anda suka, tambahkan bakso sebagai variasi dari cah oyong ini agar tak bosan dengan isi dari cah oyong ini.
  5. Masukkan juga soun yang telah Anda rebus tadi dan aduk merata hingga matang benar hingga dirasa bumbu sudah merasa meresap ke semua bahan yang ada.
  6. Tiriskan dan siap untuk dihidangkan.
Resep cah oyong soun di atas sangat mudah untuk dipraktekkan bahkan untuk mereka yang tak pernah memasak sebelumnya. Biasanya, oyong atau gambas digunakan sebagai pelengkap sayur bening dan bayam. Namun perlu diingat, untuk mengolah oyong jangan sekali-kali menghilangkan bijinya, karena biji oyong tersebut membawa banyak kebaikan bagi tubuh. Dengan paduan soun dan bakso di dalamnya sebagai pelengkap, maka sayuran ini akan terasa lebih nikmat untuk santap sahur Anda. Terlebih, memasak sayur ini tidak memakan waktu yang lama.

Selain menggunakan soun, Anda juga bisa menggunakan pengganti soun yakni bihun untuk mencoba kreasi lain dari resep cah oyong soun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel