CARA MEMBUAT RESEP DADAR GULUNG ISI SAUS COKELAT - Trik Tips Memasak Spesial Mama

CARA MEMBUAT RESEP DADAR GULUNG ISI SAUS COKELAT

CARA MEMBUAT RESEP DADAR GULUNG ISI SAUS COKELAT : Dadar gulung merupakan salah satu bentuk kue basah tradisional khas Indonesia yang masuk ke dalam golongan pancake tradisional yang rasa dan bentuknya sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Kue ini sudah menjadi salah satu camilan yang nikmat untuk disajikan sebagai teman minum teh atau disajikan kepada tamu yang berkunjung ke rumah.


Entah sejak kapan kue ini ditemukan dan siapa yang menciptakannya, kue ini sudah berhasil menjadi salah satu budaya kuliner di Indonesia. Biasanya, kue dadar gulung ini berisi parutan kelapa dengan gula di dalamnya, rasa gurihnya kelapa dan manisnya gula Jawa menjadi satu yang menghasilkan rasa yang penuh dengan kejutan. Kue ini alhasil seperti kue wajib untuk acara-acara keluarga, seperti arisan, reuni keluarga, aqiqah dan juga acara lainnya. Jika biasanya kue dadar gulung ini hadir dengan kulit basah dengan warna hijau dan diisi dengan parutan kelapa serta gula jawa cair, maka kali ini kita akan membahas resep dadar gulung dengan isi saus cokelat. Ini adalah bentuk campuran modern dan tradisional dalam resep kuliner nusantara. Varian penggunaan saus cokelat dan kulit lembut yang juga berwarna cokelat adalah tak lain untuk menghindari rasa bosan bagi penggemar kue tradisional ini.

Bahkan tak hanya cokelat, kue dadar gulung ini juga sudah berubah menjadi jenis penganan yang lebih modern dengan isian yang diganti dengan buah pisang dan juga durian. Namun untuk rasa sendiri tak perlu diragukan dan dipertanyakan. Untuk artikel kali ini, resep dadar gulung isi saus cokelat sebenarnya cara pembuatannya pun hampir sama seperti kue dadar gulung dengan isi kelapa dan gula jawa, hanya saja perubahan isi menjadi perhatian yang harus Anda perhatikan di sini. Tanpa menunggu waktu lebih lama, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue dadar gulung isi saus cokelat yang tak kalah nikmatnya dengan kue dadar gulung lainnya.
Bahan utama untuk membuat kue dadar gulung isi saus cokelat:
  • 1 butir telur.
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok teh vanili
  • 150 gram tepung terigu protein rendah / sedang
  • 400 ml susu cair hambar
  • Garam secukupnya.
Di atas adalah bahan utama, dan berikut di bawah ini akan disajikan bahan isian untuk dadar gulung isi saus cokelat yang juga perlu Anda siapkan.
  • 50 gram cokelat batangan / Dark Cooking Chocolate yang diiris kasar.
  • 175 mg susu cair hambar
  • 25 gram gula pasir
  • 1 butir telur yang dipisahkan / diambil bagian kuningnya saja
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Garam secukupnya.
Setelah bahan-bahan di atas sudah Anda siapkan, kini saatnya Anda membuat kue dadar gulung isi saus cokelat. Cara di bawah ini mudah jika Anda mengikutinya dengan seksama.
  1. Siapkan wadah dengan ukuran sedang, lalu masukkan semua bahan yang di antaranya: tepung terigu, susu cair, telur, bubuk vanili, mentega yang sudah dicairkan, dan garam secukupnya. Aduk bahan-bahan tersebut secara merata hingga menjadi adonan yang halus dan pastikan adonan tersebut menjadi encer.
  2. Siapkan dan panaskan teflon atau wajan datar, tuangkan sedikit minyak goreng atau bisa juga menggunakan margarin, lalu buat kulit dadar yang tipis menggunakan adonan tadi kira-kira 1 – 2 sendok sayur, lalu putar wajan perlahan dan ratakan agar adonan menjadi tipis dan merata. Biarkan hingga sedikit mengering.
  3. Setelah mengering, angkat dan tiriskan. Lakukan berulang hingga adonan kulit benar-benar habis.
Langkah membuat isian dadar gulung
  1. Siapkan wajan baru, lalu tuangkan susu cair, gula pasir dan juga garam rebus kesemuanya hingga mendidih.
  2. Lalu masukkan potongan cokelat batangan atau dark cooking chocolatelalu aduk merata hingga susu berubah warna menjadi cokelat yang ditandai cokelat menjadi larut.
  3. Masukkan maizena agar adonan menjadi lebih mengental.
  4. Ketika adonan sudah meletup, tambahkan kuning telur, aduk hingga rata, lalu tiriskan.
  5. Berikutnya, ambil selembar kulit dadar yang Anda buat tadi, lalu tuangkan isian dari adonan tadi sebanyak 1 – 2 sendok makan, lipat bagian kiri dan kanan dari kulit dadar, gulung dan dinginkan.
  6. Kue dadar gulung siap untuk Anda sajikan.
Mudah bukan membuat kue dadar gulung sederhana seperti di atas. Anda juga bisa mengkreasikan kue dadar gulung lainnya menggunakan isian buah, seperti pisang dan juga durian untuk variasi kue dadar lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel