RESEP KROKET KENTANG KEJU AYAM YANG ENAK DAN MUDAH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP KROKET KENTANG KEJU AYAM YANG ENAK DAN MUDAH

RESEP KROKET KENTANG KEJU AYAM YANG ENAK DAN MUDAH : Tak hanya kebudayaan, makanan juga sangat kaya di Indonesia. Entah itu masakan besar atau camilan, semua ada. Tak hanya makanan, minuman juga sangat beragam macamnya di Indonesia. Salah satu jajanan yang sudah dikenal di Indonesia sejak dahulu kala adalah kroket kentang. Tak ayal resep kroket kentang ini selalu dipelajari dan dicari oleh semua orang.
RESEP KROKET KENTANG KEJU AYAM YANG ENAK DAN MUDAH
RESEP KROKET KENTANG KEJU AYAM YANG ENAK DAN MUDAH
Kroket sendiri adalah makanan yang memiliki isian di dalamnya, baik itu sayuran, daging, atau keduanya. Penganan satu ini sangat mudah ditemukan di jalanan, banyak penjual gorengan yang menjual penganan ini. Penggunaan kentang sendiri sangat banyak ditemukan di Indonesia. Kentang merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, seperti perkedel, sambal goreng kentang dan juga jenis penganan lainnya. Untuk makanan ringan sendiri, kroket adalah andalannya. Banyak macam-macam kroket, salah satunya adalah kroket kentang keju, ini adalah variasi lain dari kroket tradisional yang berisi sayuran atau daging. Rasa gurih keju menyatu dengan rasa kentang. Ini mengangkat kembali pamor kroket sebagai penganan tradisional di tengah-tengah masyarakat.

Mungkin ada kalanya Anda ingin mencoba untuk membuat kroket Anda sendiri di rumah daripada jajan di luar yang kebersihannya belum pasti. Jika Anda tak tahu bagaimana cara membuatnya, maka tak perlu khawatir, pada ulasan kali ini, kita akan membahas cara membuat kroket kentang dengan mudah. Banyak situs lain yang memberikan resep yang tak sesuai dengan rasanya, namun tidak untuk kali ini. Kali ini Anda membaca situ dan resep yang benar. Tak hanya bahan-bahannya saja, namun Anda juga akan mengerti bagaimana cara membuatnya sekaligus bagaimana membuat kroket kentang yang gurih dan enak. Mungkin Anda saat ini sudah tak sabar untuk mencoba bagaimana membuat kroket kentang yang gurih dan enak. Berikut di bawah ini adalah cara bagaimana membuat kroket kentang keju ayam. Simak dengan baik dan ikuti langkahnya secara benar, agar hasil yang didapatkan nantinya maksimal.
Bahan Utama:
  • 2 sendok margarin / mentega
  • ¼ bawang Bombay, cincang halus
  • 50 gram ayam giling
  • 4 sendok makan tepung terigu, jika memungkinkan, cari tepung terigu dengan protein rendah
  • 150 ml susu cair
  • 300 gram kentang yang sudah di kukus, lalu dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh pala bubuk
  • Minyak untuk menggoreng
Bahan untuk Isian:
  • 60 gram keju cheddar, potong panjang dengan ukuran ½ x ½ x 5 cm
Bahan Pelapis:
  • 2 putih telur, dikocok lepas
  • 100 gram tepung panir kasar oranye
Setelah mengumpulkan bahan-bahan utama di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat kroket kentang. Ikuti dengan benar langkahnya di bawah ini:
  1. Panaskan margarin, lalu masukan dan tumis bawang Bombay hingga harum.
  2. Masukan ayam giling, lalu aduk hingga berubah warna
  3. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga berbutir, tuang susu cair sedikit, sembari di aduk hingga licin.
  4. Masukan kentang yang sudah ditumbuk halus, garam, merica bubuk, dan pala bubuk, aduk rata, lalu angkat.
  5. Ambil sedikit adonan, pipihkan isi dengan sepotong keju, lalu bentuk adonan lonjong kecil.
  6. Gulingkan adonan ke tepung panir kasar oranye, lalu celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung panir kasar oranye.
  7. Goreng adonan kroket dalam minyak goreng panas dengan api sedang dan biarkan matang hingga warna cokelat keemasan.
  8. Setelah matang, angkat dan tiriskan, kroket kentang ayam keju siap untuk disajikan.
Tak membutuhkan waktu lama untuk membuat kroket kentang ayam keju seperti di atas. Dibandingkan harus membeli di pinggir jalan yang belum tentu terjaga kesehatannya, Anda bisa membuatnya sendiri untuk keluarga Anda di rumah. Rasa dan kualitasnya pun terjamin.Kroket ini bisa Anda makan langsung atau bisa juga dimakan sebagai pendamping nasi putih yang juga masih hangat. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Bahkan untuk Anda yang belum pernah memasaknya pun bisa dengan mudah mempraktekkan sendiri resep kroket kentang ayam keju ini di rumah untuk Anda dan keluarga.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel