RESEP KOLAK PISANG KEPOK YANG SEGAR DAN NIKMAT - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP KOLAK PISANG KEPOK YANG SEGAR DAN NIKMAT

RESEP KOLAK PISANG KEPOK YANG SEGAR DAN NIKMAT : Kolak pisang merupakan penganan yang khas disuguhkan pada bulan Ramadhan. Penganan ini sangat nikmat untuk digunakan sebagai pelepas dahaga. Rasa hangat dan manis menjadi pembuka yang tepat. Namun kolak pisang ini tidak hanya pas untuk digunakan dalam sajian Ramadhan saja, tetapi juga hari-hari biasa seperti saat ini. Resep kolak pisang yang nikmat tidak menyurutkan kita untuk menyantap makanan ini di bulan spesial.

Kolak pisang ini sering disantap pada sore hari pada saat berbuka, namun pada kenyataannya, kolak pisang ini sangat lezat untuk disantap di pagi hari untuk sajian sarapan yang sehat. Membuat kolak pisang tak harus pada bulan puasa saja, Anda bisa menyuguhkan kolak pisang ini untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga di rumah untuk semua waktu. Kreasi kolak tak hanya kolak pisang saja, ada banyak tipe jenis kolak lain yang bisa Anda cicipi, seperti kolak nangka, kolak ubi, kolak candil dan masih banyak jenis kolak lainnya. Kolak memiliki rasa yang khas manis gurih yang berasal dari gula Jawa yang bertemu dengan santan. Ini adalah penunda lapar yang tepat dan pengembali tenaga yang sempurna setelah seharian Anda beraktivitas. Kali ini kita akan mengulas tentang resep kolak pisang yang nikmat dengan rasa manis yang khas, dan juga pisang yang lembut dan empuk di mulut.

Kolak pisang sendiri juga beragam macamnya, ada kolak pisang kepok, kolak pisang raja, pisang, dan juga kreasi kolak pisang lainnya. Kolak pisang juga terasa sedap untuk disajikan dengan es batu di dalamnya. Sehingga memberikan kesan dan rasa yang segar pada tenggorokkan Anda. Di artikel ini, kita akan membahas kolak pisang yang menggunakan bahan pisang kepok. Jenis pisang ini sangat dikenal sebagai salah satu pisang terbaik untuk dimakan menggunakan kuah gula Jawa dan juga santan. Tanpa menunggu waktu lebih lama lagi, berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat kolak pisang dengan mudah dan tanpa waktu lama. Simak dengan baik dan lakukan langkahnya secara teratur agar hasil yang dihasilkan dapat maksimal dan memuaskan perut serta lidah Anda.
Bahan Utama:
  • 1kg pisang kepok matang
  • 1 ons gula pasir / gula putih
  • 1 ons gula merah / Jawa
  • 1 ons kolang-kaling, dibersihkan dengan bersih lalu dibelah menjadi dua
  • 2 lembar daun pandan yang sudah di cuci bersih
  • 65 ml santan instan
  • 750 ml air (3 gelas) yang digunakan untuk kuah kolaknya.
Jangan lewatkan satu pun bahan di atas untuk membuat kolak pisang yang sedap. Setelah mengumpulkan bahan-bahan di atas, saatnya meracik dan membuat kolak pisang yang sebenarnya.
  1. Potong pisang menjadi beberapa bagian dengan bentuk miring sesuai dengan selera, sisihkan.
  2. Siapkan wadah atau panci untuk merebus, kemudian rebus gula merah hingga mencair, lalu saring.
  3. Rebus gula merah yang telah Anda saring tadi bersamaan dengan gula putih / gula pasir, aduk hingga tercampur dengan merata.
  4. Masukan air, pisang kepok yang sudah dipotong miring, dan rebus hingga pisang tadi berubah warna sedikit kecokelatan.
  5. Masukkan juga santan, daun pandan, kolang-kaling, lalu aduk-aduk hingga rata.
  6. Lalu biarkan dan masak hingga matang.
  7. Setelah di rasa matang, angkat dan tiriskan. Kolak pisang yang nikmat dan hangat bisa Anda sajikan kepada keluarga. Lebih nikmat ketika kolak disajikan pada posisi hangat.
Itu tadi adalah bahan dan resep bagaimana membuat kolak pisang yang mudah di rumah. Sangat sederhana bukan? Bahkan untuk Anda yang belum pernah memasak sebelumnya akan langsung bisa membuat kolak pisang dengan mengikuti langsung langkah-langkahnya di atas. Tidak ada langkah yang sulit untuk Anda.

Banyak juga resep kolak pisang lain yang harus Anda coba, seperti kolak pisang ubi, pisang candil dan juga Anda bisa mengkreasikan kolak pisang Anda sendiri di rumah. Nikmat untuk santapan di sore hari kala hujan, atau dijadikan menu santapan di pagi hari untuk menambah semangat Anda sebelum bekerja. Dengan ulasan di atas, kini Anda sudah tahu dan paham tentang resep kolak pisang.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel