RESEP AGAR-AGAR SANTAN MANIS DAN GURIH - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP AGAR-AGAR SANTAN MANIS DAN GURIH

RESEP AGAR-AGAR SANTAN MANIS DAN GURIH : Agar-agar santan merupakan makanan yang disukai semua kalangan dan semua usia mulai dari orang tua hingga anak-anak. Terlebih lagi saat bulan puasa, agar-agar santan bisa menjadi alternatif makanan penutup berbuka puasa yang menyenangkan karena rasa manis dan gurihnya yang tergabung menjadi satu. Membuat agar-agar sendiri di rumah tentunya lebih baik dan lebih sehat karena bahan-bahan yang digunakan lebih aman dan terjaga kualitasnya. Hal ini lebih baik daripada membiarkan anak Anda jajan sembarangan diluar rumah yang tentunya kurang baik untuk kesehatan mereka. Resep agar-agar santan pandan tidaklah sulit. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan menggunakan peralatan yang sudah ada di dapur Anda.
RESEP AGAR-AGAR SANTAN MANIS DAN GURIH
Agar-agar santan menjadi makanan penutup favorit banyak orang karena rasanya yang unik. Kombinasi santan yang gurih serta agar-agar yang manis memberikan sensasi rasa yang berbeda. Selain enak, agar-agar juga baik untuk anak-anak karena mengandung serat sehingga akan memperlancar proses pencernaan. Akan tetapi untuk membuat agar-agar dengan sempurna Anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal penting terutama pada komposisi agar-agar dengan air. Komposisi keduanya harus pas agar tekstur agar-agar pun bisa pas dan kenyal. Kunci pembuatan agar-agar santan yang enak adalah pada resep agar-agar santan pandan yang tepat dengan komposisi dan takaran yang pas dan sesuai. Oleh karena itu perhatikan bahan, takaran serta cara membuatnya dengan baik.
Bahan-Bahan
  • Satu bungkus agar-agar bubuk atau agar-agar powder sesuai dengan selera. Merek agar-agar juga bisa disesuaikan dengan keinginan.
  • 200 ml santan kental dari kelapa asli. Jika tidak memungkinkan Anda juga bisa membeli santan instan, namun santan dari kelapa asli akan terasa lebih nikmat dan gurih.
  • 150 gram gula pasir atau takaran sesuai selera bisa dikurangi atau ditambahi jika Anda tidak ingin terlalu manis atau lebih manis. Gula pasir juga bisa diganti dengan gula merah.
  • 800 ml air matang untuk air rebusan agar-agar.
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan sebagai penambah citarasa dan aroma yang harum
  • Cetakan agar-agar
Cara Membuat:
  1. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat agar-agar santan adalah dengan mencampurkan air, agar-agar bubuk serta gula pasir dalam panci kemudian dipanaskan sambil diaduk-aduk.
  2. Masukkan daun pandan ke dalam panci dan aduk-aduk kembali campuran tersebut.
  3. Tambahkan garam beserta santal sambil terus diaduk-aduk. Pastikan untuk terus mengaduk campuran agar-agar tersebut karena jika tidak diaduk santan bisa pecah dan agar-agar pun tidak akan jadi sempurna. Tahap ini memang memerlukan kesabaran dan ketekunan sampai air mendidih.
  4. Setelah air mendidih, tuangkan agar-agar ke dalam cetakan kemudian biarkan agar-agar untuk beberapa menit sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Pastikan agar-agar dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Agar-agar tersebut bisa disantap secara langsung atau dicampur dengan es untuk dibuat minuman.
Dalam beberapa versi resep agar-agar santan pandan, santan bisa dimasukkan setelah air agar-agar mendidih kemudian diaduk-aduk kembali. Namun untuk memastikan bahwa santan matang, santan bisa dimasukkan sebelum agar-agar mendidih sehingga santan bisa teraduk dan tercampur rata dengan agar-agar. Selain itu, agar-agar juga bisa divariasikan sesuai dengan selera Anda misalnya dengan ditambahkan campuran buah-buahan agar rasanya lebih nikmat. Akan tetapi, bahan-bahan lain yang ditambahkan sebaiknya tidak dicampurkan langsung dan dimasak beserta agar-agar. Akan lebih baik jika bahan-bahan tersebut dimasukkan saat agar-agar sudah matang dan sudah mendidih. Hal ini untuk tetap menjaga citarasa bahan tambahan agar tidak kematangan atau lembek saat dimasak dan didihkan bersama dengan agar-agar. Daun pandan yang digunakan pun bisa ditambahkan menjadi tiga lembar jika perlu karena daun pandan dapat memberikan citarasa yang berbeda serta aroma yang khas.

Anda juga bisa bereksplorasi dengan mencoba resep agar-agar santan gula merah atau resep lainnya lainnya agar menghasilkan citarasa agar-agar yang memang Anda inginkan. Ada banyak resep yang bisa Anda coba untuk menemukan campuran agar-agar yang paling tepat. Dengan resep yang tepat, Anda bisa mendapatkan rasa agar-agar yang kenyal dan lembut dengan kombinasi rasa manis dan gurih yang pas yang tentunya bisa dijadikan sebagai makanan penutup yang sempurna.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel