Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam Lezat - Trik Tips Memasak Spesial Mama

Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam Lezat

Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam Lezat - Steak merupakan salah satu hidangan yang berbahan dasar daging. Daging yang biasanya diolah untuk dijadikan steak adalah daging sapi. Seiring berjalannya waktu, steak dapat dibuat dari berbagai macam daging seperti daging ayam, ikan, ataupun daging kambing. Bahkan kini steak dapat pula dibuat dari tempe.
Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam Lezat 
Pada kesempatan ini, kami menghadirkan resep steak yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Hidangan ini biasanya disediakan di restoran dengan harga yang cukup mahal. Meskipun mahal dan disukai banyak orang, namun tak semua orang cocok dengan rasanya. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda membuat steak sendiri di rumah agar Anda dapat menyesuaikan rasa steak dengan selera pribadi Anda. Selain itu, dengan membuat hidangan ini di rumah, pastinya lebih hemat daripada membelinya di restoran-restoran kelas atas. Meskipun demikian, rasanya pasti tidak kalah nikmat dengan steak-steak mewah di luar sana. Berikut resepnya.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Steak Daging Sapi, yakni:
  • Daging sapi has dalam sebanyak 250 gram
  • Bawang bombay ukuran kecil sejumlah 1 buah
  • Bawang putih sejumlah 2 siung
  • Saus tiram sebanyak 1 sendok makan
  • Pasta tomat sebanyak 2 sendok makan
  • Minyak wijen sebanyak 3 tetes
  • Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  • Merica hitam yang telah ditumbuk kasar sebanyak 1 sendok teh
  • Air secukupnya
  • Garam dapur sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan tambahan dapat berupa wortel, buncis, kentang, dan lain-lain
Cara membuat Steak Daging Sapi :
  1. Belah dua daging sapi, lalu dipukul dengan menggunakan pemukul daging hingga daging menjadi lebih pipih.
  2. Cincang halus bawang bombay dan bawang putih. Lalu tumis kedua bahan tersebut dengan menggunakan minyak yang telah dipanaskan sebelumnya hingga mengeluarkan aroma harum.
  3. Tambahkan bahan-bahan lain seperti saus tiram, pasta tomat, minyak wijen, kecap manis, merica hitam, air, garam dapur, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Cicipi sedikit, jika dirasa kurang pas dengan lidah Anda, tambahkan lagi bumbu atau bahan lainnya sesuai selera Anda.
  4. Masukkan daging sapi, lanjutkan memasak hingga daging matang serta kuahnya menyusut dan teksturnya berubah menjadi kental.
  5. Setelah matang, ambil daging sapi. Kemudian siapkan wajan datar atau panggangan, lalu bakar daging sapi yang telah matang tersebut sebentar saja. Setelah dibakar, sajikan di piring saji.
  6. Untuk bahan tambahannya, seperti wortel dan buncis, dapat dimatangkan dengan cara direbus ataupun ditumis. Sedangkan kentang, dapat digoreng.
  7. Bahan tambahan yang telah matang, kemudian disajikan berdamping dalam satu wadah bersama steak. Kemudian, siram saus lada hitam di atas steak dan bahan tambahan tersebut.
Bahan pelengkap di atas dapat disesuaikan pula dengan selera Anda. Anda dapat menambahkan atau mengganti bahan-bahan di atas dengan bahan lain seperti jagung manis, brokoli, jamur, atau apapun yang Anda inginkan. Selamat mencoba.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel