RESEP SAYUR NANGKA FAVORIT KELUARGA - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP SAYUR NANGKA FAVORIT KELUARGA

RESEP SAYUR NANGKA FAVORIT KELUARGA : Menu keluarga resep sayur nangka yang enak dan lezat. Masyarakat Indonesia memang dikenal pintar dalam mengkreasikan makanan, bahkan dari bahan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Buah nangka yang masih muda pun ternyata bisa dirubah menjadi sajian sedap untuk dihidangkan di tengah keluarga. Nangka muda yang dimasak memiliki tekstur yang lembut dilidah, dilengkapi dengan bumbu yang gurih, menjadi kombinasi sempurna yang membuatnya dijadikan salah satu masakan favorit keluarga Indonesia. Sama seperti nangka matang yang sudah menguning, dan menjadi buah. Nangka muda yang diolah sebagai sayur pun memiliki banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi, baik anak-anak maupun dewasa.


Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan resep sayur nangka sebagai salah satu makanan khas daerahnya antara lain Jogja dan Padang. Jika Jogja memiliki gudeg, maka Padang memiliki gulai yang pedas dengan bahan baku nangka muda tersebut. Untuk mendapatkan hasil masakan dalam resep keluarga sayur nangka muda yang legit dan enak, maka dalam memilih nangka muda tersebut harus Anda perhatikan kualitasnya. Setelah itu, Anda bisa mengolahnya menjadi sayur yang enak dengan bahan dan cara membuat sebagai berikut.
Bahan-Bahan dan Bumbu Sayur Nangka Muda:
  1. ¼ kg nangka muda pilihan dengan kualitas yang bagus. Potong-potong, kemudian cuci bersih. Bagian bijinya jika suka, tidak usah dibuang. Nangka muda memiliki biji yang lembut dan tidak pahit.
  2. ½ kg, daging tetelan. Opsional, jika Anda tidak suka bisa melewati atau menghilangkan bahan ini.
  3. ½ liter atau 500 ml, santan segar. Jika Anda tidak boleh makan makanan yang mengandung santan, ganti saja dengan air.
  4. 4 lembar, daun salam.
  5. 3 lembar, daun jeruk purut.
  6. ½ ruas jahe, memarkan.
  7. ½ ruas lengkuas, memarkan.
  8. 1 batang, serai. Memarkan.
  9. Minyak goreng, secukupnya.
  10. Garam, secukupnya,
  11. Gula merah sisir, secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang putih, 3 siung.
  • Bawang merah, 5 siung.
  • Kunyit bakar, 3 cm.
  • Kemiri, secukupnya 3 sampai 5 butir.
  • Cabai merah besar, 3 buah. Atau, cabai merah keriting, untuk rasa pedas sekitar 5 buah atau lebih.
Cara Membuat Sayur Nangka Muda:
  1. Siapkan panci. Didihkan air dan rebus nangka muda tersebut bersama tetelan daging, apabila menggunakannya. Rebus hingga kedua bahan tersebut matang, teksturnya empuk.
  2. Sambil merebus kedua bahan tersebut, Anda bisa menyiapkan wajan dan panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.
  3. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe, serta lengkuas. Aduk dan tumis bumbu hingga aromanya tercium. Anda bisa matikan api sebentar.
  4. Apabila nangka dan tetelannya sudah matang, angkat dan tiriskan kemudian masukkan ke dalam tumisan bumbu halus yang sudah matang tersebut. Nyalakan kembali api, aduk sebentar bahan tersebut hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Kemudian, segera tuangkan santan atau air yang akan digunakan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah dan bumbu tercampur, meresap ke dalam nangka dan tetelannya.
  6. Sambil diaduk-aduk, Anda bisa menambahkan garam dan gula. Cicipi hingga mendapatkan rasa yang sesuai selera.
  7. Apabila santan sudah mendidih dan semua bahan matang, Anda bisa segera menyiapkan piring saji dan mengangkat sayur nangka tersebut untuk segera disajikan.
Bagi Anda yang ingin menambahkan bahan lain untuk pengganti tetelan tersebut, bisa juga menggunakan ceker ayam. Namun, tanpa campuran bahan lain pun, sayur nangka tetap enak dan nutrisinya akan tetap Anda dapatkan. Dalam nangka muda, terkandung serat yang begitu tinggi yang bisa menjadi obat pencernaan alami, vitamin A, B kompleks, C, protein, berbagai mineral, serta antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas. Berbagai kandungan menyehatkan yang bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sayur nangka muda enak sama seperti gudeg Jogja yang enak disajikan dengan nasi dan sambal. Rasa gurih dari santan berikut tambahan garam dan gula merupakan paduan bumbu yang pas sehingga sebaiknya dalam masakan ini Anda tidak perlu menambahkan penyedap rasa atau MSG. Jika Anda ingin kreasi masakan rumahan lainnya agar keluarga tidak bosan, coba juga kreasi menu lainnya yang mudah dibuat seperti urap sayuran bumbu kelapa yang kaya serat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel