RESEP AYAM BACEM GORENG ISTIMEWA - Trik Tips Memasak Spesial Mama

RESEP AYAM BACEM GORENG ISTIMEWA

RESEP AYAM BACEM GORENG ISTIMEWA : Bila saat ini Anda sedang bingung untuk membuat olahan dari bahan ayam sebagai hidangan istimewa di keluarga Anda, Anda mungkin bisa mencoba salah satu menu berikut ini. Anda bisa mencoba resep ayam bacem goreng istimewa. Ketika membicarakan bumbu bacem, yang terlintas di otak Anda mungkin adalah kekhasan menu Yogyakarta. Ya, memang menu olahan dengan proses pembaceman merupakan salah satu masakan khas Yogya yang seringkali dijadikan lauk pelengkap gudeg. Menu masakan ini memiliki perpaduan rasa khas manis dan gurih yang sangat istimewa. Anda bisa menyuguhkan menu masakan khas Yogyakarta ini di moment spesial di keluarga. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu obat rindu suasana damai dan penuh budaya khas kota Jogja.
Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu spesial yang tak akan mudah dilupakan. Hal ini pulalah yang menjadikan olahan ini sebagai salah satu menu pilihan dan favorit sebagai menu pendamping nasi. Selain itu, menu kuliner kota gudeg yang khas dengan bumbu olahan bacem mungkin cukup sulit ditemukan terutama bila di luar Jogja. Ini bisa menjadi salah satu cara mudah menemukan menu masakan favorit di rumah.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengolah salah satu menu andalan kota gudeg ini adalah menyiapkan bahan-bahan utama dan bumbu.

Bahan utamanya adalah:
  • 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera
  • 2 batang serai
  • 3 sendok makan air asam Jawa
  • 3 lembar daun salam
  • 2 ruang lengkuas
  • 1 liter air kelapa muda (bila kesulitan bisa diganti dengan air biasa)
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 blok gula merah, atau sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar, sebaiknya sangrai terlebih dahulu
Cara membuat:
Untuk mempraktekkan resep ayam goreng dibacem istimewa ini, langkah pertama yang Anda lakukan adalah memasukkan air kelapa ataupun air biasa ke dalam panci. Setelah itu, bumbu yang sudah dihaluskan dimasukkan dalam air, kemudian tambahkan garam, daun salam, gula merah, lengkuas, serai, dan air asam Jawa. Aduk hingga merata. Setelah bumbu tercampur rata dalam air, Anda bisa mulai memasukkan ayam dan memasaknya hingga bumbu meresap. Ketika air sudah mulai berkurang, Anda bisa menambahkan kecap manis. Aduk-aduk secara perlahan. Setelah semua bahan tercampur, masak terus hingga matang dan kuah mengental. Kemudian angkat.

Siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng secukupnya dengan api panas. Goreng ayam yang telah berbumbu tadi ke dalam minyak goreng panas. Goreng hingga kering sesuai dengan selera. Kemudian, angkat dan tiriskan. Dan, ayam goreng istimewa siap disajikan.

Ternyata resep untuk ayam bacem goreng istimewa sangat mudah bukan? Anda bisa mencoba olahan tersebut sebagai salah satu menu variasi untuk pendamping nasi di keluarga Anda. Selain itu, menu masakan ini juga bisa menjadi menu pilihan ketika Anda mengadakan suatu acara spesial seperti syukuran, ulang tahun, ataupun jamuan khusus seperti reuni ataupun acara lainnya. Bila biasanya ayam goreng memiliki rasa gurih dan asin, Anda bisa menghadirkan menu ayam goreng dengan rasa manis dan gurih karena adanya proses pengolahan dengan pembaceman.

Dengan lebih mengkombinasikan dan memvariasikan menu masakan yang tersaji di meja, ini juga bisa membuat nafsu makan meningkat terutama bagi nak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Menu masakan ini memiliki kandungan gizi yang banyak dengan cita rasa yang lezat. Anda juga bisa mencoba berbagai resep olahan ayam lainnya sebagai variasi dan alternatif menu masakan. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti Ayam Goreng Pedas Manis. Sajian khas Jogja dengan adanya resep ayam bacem istimewa bisa dihadirkan di tengah keluarga dengan sangat mudah dan praktis. Anda bisa menikmati sajian khas nusantara ini bersama keluarga tercinta.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel