MUDAHNYA MERACIK RESEP SAMBAL TERI NASI MEDAN - Trik Tips Memasak Spesial Mama

MUDAHNYA MERACIK RESEP SAMBAL TERI NASI MEDAN

MUDAHNYA MERACIK RESEP SAMBAL TERI NASI MEDAN : Begitu banyaknya varian sambal di Indonesia, hingga semua sambal dari Sabang hingga Merauke harus dicicipi ketika Anda memang sangat menggemari sambal. Efek yang pedas dan membuat sensasi makan Anda berbeda dari makan biasanya menjadikan sambal salah satu bahan makanan yang harus disajikan ketika ingin mendapatkan sensasi makan yang lebih nikmat.
Kreasi sambal ini merupakan resep dari nenek moyang yang hingga saat ini masih digemari, dan hampir tidak ada perubahan dari bumbu dasarnya. Dari sambal terasi hingga sambal kecap, hampir semuanya masih memegang resep yang sama. Salah satu resep sambal yang tak kalah terkenalnya adalah resep sambal teri nasi medan. Jika dilihat dari namanya jangan membayangkan bahwa akan ada nasi di dalam sambalnya atau nasi sebagai salah satu bahan membuat sambal. Bukan, ini adalah salah satu nama ikan yang cukup populer di Indonesia. Mungkin kebanyakan orang mengenalnya dengan nama teri medan.

Rasanya yang enak dan gurih sangat cocok dijadikan olahan sambal yang pedas dan enak. Ditambah dengan nasi hangat akan menambah nafsu makan Anda. meski hanya dengan lauk berupa sambal teri nasi saja, Anda sudah bisa menikmati nikmatnya salah satu kekayaan kuliner di Indonesia. Ada alasan mengapa teri medan ini dinamai sebagai teri nasi, karena memang ikan teri ini memang memiliki bentuk seperti nasi, putih dan kecil. Selain sangat lezat untuk dijadikan salah satu bahan penganan berupa sambal, teri nasi ini juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Terhitung dalam kandungan 100 gram ikan teri segar mengandung energi 77 kkal, lemak 1.0 gr, protein 16 gr, phosfor 500 mg, Vit A RE 47 dan Vit B 0.1 mg, besi 1.0 mg. Ikan teri sendiri menyimpan kandungan kalsium yang tinggi dan tidak mudah larut dalam air. Bahkan, ikan teri juga mengandung fluor yang sangat bermanfaat bagi gigi. Kandungan fluor ini memiliki peran yang penting untuk mencegah karang dan lubang pada gigi. Dengan demikian, ketika Anda rajin mengonsumsi ikan teri, maka Anda akan terhindar dari masalah gigi.
Kini Anda bisa mengonsumsi teri dengan cara yang berbeda, yakni dengan olahan sambal. Dengan olahan sambal ini Anda bisa mengonsumsi teri dengan cara yang berbeda. Untuk mengetahui bagaimana caranya, berikut adalah resep sambal teri nasi medan yang mudah untuk diikuti.
Bahan-bahan utama yang disiapkan:
  • 25 gram teri nasi, seduh menggunakan air hangat, tiriskan.
  • 6 buah cabai merah kering.
  • 2 buah cabai rawit merah.
  • 4 butir bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1 sendok teh terasi matang, bakar di atas api.
  • ½ sendok teh garam.
  • ½ sendok teh gula pasir.
  • 1 buah tomat.
  • 1 lembar daun jeruk.
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya (± 3 sendok makan).
Langkah-langkah membuat sambal teri nasi.
  1. Siapkan wajan, tuang dan panaskan minyak goreng.
  2. Setelah panas, masukan ikan teri nasi dan tumis hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, garam dan gula. Tumbuk hingga halus, lalu tambahkan tomat terakhir agar mudah dalam menghaluskan bahan-bahan ini.
  4. Setelah halus, panaskan minyak goreng, atau bisa menggunakan minyak goreng untuk menggoreng teri tadi, lalu tumis bumbu halus tadi hingga harum. Setelah harum, masukkan teri nasi tadi yang telah digoreng, dan tambahkan daun jeruk ke dalamnya, aduk hingga rata.
  5. Jika dirasa sudah pas, sajikan sambal teri nasi dan sambal teri nasi medan siap untuk disantap bersama nasi hangat.
Resep sambal di atas sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu resep sambal yang masih digemari hingga saat ini. Sambal ini bisa Anda jadikan teman untuk menyantap lauk atau juga bisa Anda langsung santap bersama nasi hangat agar bisa merasakan langsung lezatnya sambal teri nasi ini.

Anda juga bisa mencoba resep sambal teri lain seperti sambal teri nasi pedo (khas sunda) atau sambal teri kacang yang juga tak kalah nikmatnya dengan sambal teri nasi medan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel